1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Belanja Baju Online Yuk!

Selamat datang di toko baju online Bon-Bin Fashion, Belanja pakaian wanita & busana muslim melalui butik online shop kami dengan harga murah , dan kualitas produk yang kami jual terjamin mutunya.

Nyari Supplier Baju Murah ?

Sedang mencari supplier baju murah dan ecer untuk online shop anda? atau ingin menjadi reseller Bon-Bin Fashion ? Untuk Informasi lebih lanjut silahkan klik di Sini

Informasi Bahan Kain Umum

Dikarenakan banyaknya variasi jenis bahan pakaian yang ada, kadang kala sedikit membingungkan untuk pemula dalam berjualan pakaian secara online.

Kali ini bon-bin.com akan memberikan sedikit informasi untuk jenis2 bahan/material pakaian yang umumnya digunakan oleh pakaian-pakaian yang dijual oleh toko baju online.

 

1.Cotton (dalam bahasa indonesia disebut "kapas")
 Bahan cotton atau yang lebih dikenal sebagai bahan kaos biasanya terbagi menjadi 2 bagian , yaitu cotton combed dan cotton carded.

Cotton Combed
-Serat lebih halus
-Jenis kainnya lebih lemes dan adem

Cotton Carded
-Serat lebih kasar
-Bahan kainnya lebih kaku daripada combed 

 

Jenis - jenis kain dengan bahan dasar cotton adalah : 
1.Spandek 
2.Kaos (umumnya combed 20s untuk kaos pria, dan combed 30s untuk kaos wanita)
3.Knitting (Bahan Rajut) 

Keunggulan bahan cotton:

1. Tidak mudah kusut apabila dicuci
2. Tidak luntur untuk bahan berwarna
3. Mudah disablon
4. Menyerap keringat.
5. Tidak berbulu

 

2.Spandex 

Bahan dasar spandex biasanya memiliki tingkat elastis/strecth yang sangat tinggi, tahan gosokan, serta tergolong dalam bahan serat sintetis, umumnya digunakan untuk busana muslim atau dress wanita

 

3.Lycra

Lycra adalah sama dengan bahan spandex, nama lycra sendiri sebetulnya hanya berupa zat campuran untuk pakaian, umumnya bahan yang dipadukan dengan lycra akan memiliki lapisan depan yang lebih mengkilap, selain itu kerapihan pada pakaian akan bertahan jauh lebih lama, umumnya digunakan untuk maxi atau terusan wanita

 

4.Higet/Hijet

Bahan ini termasuk dalam kategori spandek rupanya mirip dengan lycra, memiliki tingkat elastis yang tinggi, lebih berat dari bahan spandex biasa, memiliki lapisan luar yang mengkilap, dan tidak mudah menyerap keringat layaknya spandek biasa, umumnya bahan ini digunakan untuk Jersey (Baju bola)

 

5.Kain PE (Poly Ester)

Bahan Poly Ester rupanya mirip dengan bahan cotton(kaos) namun dengan kualitas yang lebih rendah, biasanya bahan ini agak tidak se-adem bahan combed/carded, dan biasanya bahan kain ini lebih kaku dan keras 

 

6.Denim

Tentunya kita semua sudah tahu bahan ini, bahan ini umumnya digunakan untuk celana jeans, bahan denim sendiri dibagi dalam beberapa kategori yaitu soft, hard dan lain-lain.

 

7.Baby Tray/Baby Terry

Bahan ini mirip dengan kaos, namun jauh lebih tebal, umumnya sedikit berbulu. Bahan ini umumnya digunakan untuk sweater/jumper, namun belakangan ini lebih banyak digunakan untuk blazer wanita 

 

8.Chiffon/Sifon

Sifon adalah bahan kain yang terbuat dari kapas/sutra/serat sintetis , bahan ini umumnya sangat tipis, ringan dan tembus pandang, namun apabila dipadukan dengan bahan lainnya maka pakaian yang menggunakan bahan ini akan terlihat sangat elegan.

 

9.Katun Rayon

Bahan Katun rayon merupakan bahan campuran antara cotton(kapas) dan rayon viscosa yang berbahan dasar kayu, bahan ini umumnya digunakan untuk kemeja.

Ciri-ciri bahan katun rayon : 

-Mudah lecak/kisut
-Bahan jauh lebih kaku dari bahan cotton/kaos
-Lebih Ringan dari bahan kaos/spandek dll

 

10.Katun Twistcone

Bahan ini umumnya hampir serupa dengan bahan Chiffon(siffon) , namun twistcone lebih berat dan lebih tebal dari bahan sifon, serta tidak tembus pandang layaknya bahan sifon

 

11.Drill

Spesifikasi bahan ini sebagai berikut : permukaan kain berserat garis-garis miring / ngdrill.
Berdasarkan besar kecilnya serat secara umum dibagi 3 jenis : twill drill( serat kecil ), american drill ( serat sedang ), japan drill ( serat besar ).

Ada satu jenis serat yang lebih besar lagi biasa dikenal dengan jenis Raphael karena biasanya dipakai oleh produk fashion merk tersebut.
Kualitas/harga kain drill menyesuaikan dengan bahan dasarnya, semakin banyak kadar cottonnya maka harganya semakin mahal.

Biasanya jenis Japan Drill mempunyai komposisi bahan cotton lebih banyak dan lebih sedikit polyester, sehingga lebih comfort di pakai. Namun harganya tentu lebih mahal

 

12.Paragon

Jenis kain yang halus seperti kapas.Umumnya digunakan bahan pembuatan Baju Basket. Kualitas IBL Indonesia